Bangkalan, Madura — Tanggal 6 Januari 2012 kemaren saya dari Jogja pulang menuju bangkalan Madura. Kepulangan ini sebenarnya karena saya lagi kangen ma orang2 rumah dan juga masakan umi (heuheuheu). Perjalanan pulang ternyata kemaleman, jadi saya mampir dulu di kos keponakanku untuk istirahat dan memutuskan melanjutkan perjalanan menuju pulau Madura besok harinya. Yap! malam itu saya di kota Surabaya dan kemudian diajak jalan-jalan bentar buat makan malam di sekitaran kampus ITS Surabaya. Singkat cerita, setelah jalan-jalan malam di kota Surabaya, saya balik ke kos dan istirahat mengumpulkan tenaga buat bangun pagi.

Tepat jam 6.30 waktu Indonesia bagian Surabaya, saya dan keponakan saya cabut dari ke kosnya. Jarak tempuh menuju jembatan Suramadu sekitar 45 menit dan nyampe ditengah jembatan dibantai oleh angin laut yg kencang (merinding).

Setelah lolos dari terpaan angin kencang, kami pun melanjutkan perjalanan menuju kota Bangkalan. Pas nyampe di jalan raya ketengan kec. burneh kab. Bangkalan kami mampir di salah satu warung yang sekarang sudah menjadi rumah makan besar yaitu Warung Bebek Sinjay. Sekedar flash back, dulu saya waktu di asrama di desa Langkap sering beli sarapan disini, tepatnya di tahun 2007. Sebenarnya dari desa Langkap menuju ketengan itu lumayan jauh, tapi karena saya sering ikut guru saya bersepeda ke kota dihari sabtu dan minggu pagi, makanya saya bisa beli sarapan disini. Harga per-bungkusnya waktu itu Rp. 6000,- dan sekarang udh naik jadi 2 kali lipat. Rasa bebek gorengnya emang enak sih, beda dengan bebek goreng yang lain terutama rasa sambelnya, disini menurutku perbedaan yg mencolok. Sambel bebek goreng sinjay ini pedesnya pas dan rasanya enak (ga tau resepnya apa) dan yang bikin enak lagi karena ada serutan mangga disambelnya (ngetik samblil ngiler). Berikut penampakannya.

Warung Bebek Sinjay

Orang pada ngantri padahal masih pagi.

Ngantri dulu coy

Daaannn..!

Klo temen2 pada ngiler setelah baca postingan ini, yaaa temen2 tinggal nyebrang kok ke pulau Madura. Klo lewat suramadu pasti bakal ketemu sama nih rumah makan. 😀