Minggu-minggu ini lagi sprint ngedesain web template yang akan saya submit di envato marketplace, themeforest.net. Hari ini sudah kelar semuanya, tinggal nunggu hasil review. Lagi santai-santai, eh tiba-tiba keinget dulu pas pertama kali nyoba ngedesain tampilan website. Kemudian iseng bongkar email lama yang waktu itu saya dapet tawaran kerjaan untuk bikin tampilan website dari temen sekelas di kampus. Setelah dapet emailnya, sumpah! saya cekikan sendiri liat hasil desainnya, ANCUR. Waktu itu jelas banget DITOLAK sama calon klien.

mockup
Desain Web : Landing Page pertama yang saya buat

Desain ini sudah lama banget, tertera di email klo file ini diunggah pada tanggal 12 september 2011. Waktu itu saya pake tools desain open source yaitu inkscape, karena memang jaman kuliah dulu laptop saya hanya terpasang linux ubuntu dan tidak ada windows os, jadi ga bisa pasang photoshop (bajakan). Tidak ada pilihan lain selain pake app yg emang bisa di install di linux ubuntu pada saat itu. Cara nge-desainnya juga sembarangan, pemilihan warna dan font seadanya. Warna saya pake yang sudah tersedia di pallette warna yg disediakan oleh inkscape. Font juga pake default desktop font (arial, georgia dll). Kemudian saya juga pernah bikin project iseng bareng temen, jadi ceritanya mau bikin marketplace utk barang kerajinan tangan lokal. Lagi-lagi klo sekarang saya liat bikin ketawa-ketawa sendiri.

homepageafterlogin

Sampe sekarang masih belajar, karena trend-nya terus berubah, apalagi untuk desain mobile app. Masih harus banyak belajar teori dan praktek, karena pepatah londo berkata “practice makes perfect“. Jadi, setiap kali proses desain itu selesai dan lanjut ke desain selanjutnya pastinya hasilnya akan selalu jadi lebih baik. 😀